Jumat, 22 Juni 2007

Teka Teki IMAM Al-Ghazali

Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?

Yang paling dekat dengan kita ialah MATI. Sebab itu janji Allah bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati (Surah Ali-‘Imran: 185).

Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?

Yang paling jauh adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran agama.

Apa yang paling besar di dunia ini ?

Yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah AL A’raaf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.

Apa yang paling berat di dunia ?

Yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Ahzab: 72). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka karena gagal memegang amanah.

Apa yang paling ringan di dunia ini ?

Yang paling ringan sekali di dunia ini adalah MENINGGALKAN SHALAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan shalat.

Apa yang pling tajam sekali di dunia ini ?

Yang paling tajam sekali di dunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri.

Dikutip dari majalah CAHAYA SUFI Edisi Juni 2007. halaman 28-29

Tidak ada komentar: